Desa Ngompro Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi

Artikel

PROSESI KRAPYAKAN WALI PITU KIDUNG BUMI RESI

06 Juli 2023 10:57:48  Administrator  138 Kali Dibaca  Berita Desa

Ngompro.desa.id-  Jumat (30/06) Dalam rangka sosialisasi undang-undang tentang cukai Pemkab Ngawi mengadakan Krapyakan Wali pitu Kidung Bumi Resi yang berada di Desa Ngompro Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi. Acara tersebut diharidi oleh Bapak Bupati Ngawi beserta jajarannya gowes sepeda dari lapangan Pilang menuju ke lapangan Pangkur. 

Semua acara tersebut sebenarnya ditujukan di Desa Ngompro yang memiliki tradisi adat jawa yang sering dilaksanakan setiap suro. Acara tersebut di mulai pukul 08.00 sampai selesai. 

Serangkaian acara tersebut yaitu: 

1. Sakralisasi dan selamatan momong projo ( ngompro kidul kali) prosesi pembacaan doa dengan cahaya oncor tradisional 1000 di area jalan dan punden mbah Prawiro Menggolo.

Jumat Pagi pukul 09.00 WIB 
1. Krido Manggolo   
Perjalanan mengantar dari Pasar Pilang menuju penyebrangan dari pasar Dusun Pilang menuju penyebrangan perahu sampai ke Dusun Ngompro Kidul Kali.

2. Atur Bebono Tresno  (DSN NGOMPRO) 
Prosesi serah terima persembahan menantu kepada orang tuanya atau mertua yang di terima oleh para resi , penyematan bebono tresno kepada para menantu oleh para resi.

 
3. Ngunduh Sedyo Luhur 
Prosesi anak-anak berbasis menabur bunga untuk menyambut kedatangan sang resi bersama para menantu untuk masuk ke balai wisma agung. 


4. Pembacaan 
Para menantu membasuh kaki mertuanya dilanjutkan sungkeman anak kepada orang tua, teriring doa pedayangan. 

5. Mangakubagyo 
Kolaborasi sosialiasi dan budaya terbaru  adalah Krapyakan Wali Pitu Kidung Bumi Resi di Desa Ngompro Kecamatan Pangkur. Event satpol PP menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai dihadiri ratusan warga. Mereka menikmati hiburan seperti atur bebono tresno, kidung pedanyangan, dan live music. Rangkaian acara lainnya, gowes, festival sego liwet, dan parade karawitan SD dan SMP di Pangkur. Juga, pakeliran padat dalang cilik, syukuran bumi resi, serta pagelaran ketoprak. ‘’Semua event diselipi sosialisasi undang-undang tentang cukai,’’ ujarnya.

Dari serangkaian acara tersebut bahwa kita sebagai bangsa Indonesia harus melestarikan budaya adat jawa.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next