Desa Ngompro Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi

Artikel

Visi dan Misi

01 September 2022 11:48:28  Administrator  207 Kali Dibaca 

Visi

Visi merupakan Visi Kepala Desa terpilih dan sebagai pandangan jauh ke depan, ke mana dan bagaimana Desa Ngompro harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Visi Kepala Desa adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan, dibangun melalui proses refleksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut oleh seluruh komponen stakeholder’s.

Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin diraih Desa Ngompro merupakan arah kebijakan dari RPJM Desa yang dirumuskan setiap 6 (enam) tahun sekali. Cita-cita itulah yang kemudian mengerucut sebagai Visi Kepala Desa. Pernyataan Visi Kepala Desa Ngompro adalah :

 

Mensejahterakan Masyarakat Desa Ngompro

 

Melalui visi ini diharapkan masyarakat menemukan gambaran kondisi masa depan yang lebih baik (ideal) dan merupakan potret keadaan yang ingin dicapai, dibanding dengan kondisi yang ada saat ini. Melalui rumusan visi ini diharapkan mampu memberikan arah perubahan masyarakat pada keadaan yang lebih baik, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengendalikan dan mengontrol perubahan-perubahan yang akan terjadi, mendorong masyarakat untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik, menumbuhkan kompetisi sehat pada anggota masyarakat, menciptakan daya dorong untuk perubahan serta  mempersatukan anggota masyarakat.

    Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi berfungsi sebagai pemersatu gerak, langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan tanpa mengabaikan mandat yang diberikannya.

Hakekat misi merupakan turunan dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi merupakan penjabaran lebih operatif dari Visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi desa  selama masa enam tahun.

Untuk meraih Visi desa seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi desa  sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda dalam bidang olahraga.
  2. Mengedepankan kejujuran dan transparansi dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan pemerintah maupun masyarakat.
  3. Meningkatkan kehidupan yang harmonis saling menghormati dalam kehidupan beragama.
  4. Ikut bergerak bebas dalam kehidupan bermasyarakat dan jangan merasa bahwa kita lebih baik dari yang lainnya.
  5. Membangun rohani masyarakat desa dengan mengedepankan pendidikan Agama sedari dini.
  6. Meningkatkan sarana dan prasarana Desa demi terwujudnya kesejahteraan bersama.
  7. Meningkatkan hasil dan produk pertanian masyarakat dengan perbaikan sarana prasarana serta kemampuan petani.
  8. Mengembangkan usaha kecil dan menengah.
  9. Menggali potensi masyarakat di masing-masing sektor.
  10. Membuat sistem pemerintahan yang lebih baik dan transparan serta bertanggungjawab.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next